Sunday, May 15, 2011

It’s time to Say Good Bye

Ada pertemuan pasti ada perpisahan, that is nature and the universe makes that formula.
Bulan agustus 2010, semua anak2 dari Negara yang berbeda, beberapa dari mereka sudah saling kenal sebelumnya karena mereka sudah mengikuti pre-academic (program summer, untuk bahasa inggris), namun sayangnya, saya tidak ikut, jadi dari Atlanta (orientation) saya lansgung diterbangkan ke Wausau-Wisconsin. Dimana Wisconsin, terkenal dengan state yang asri karena merupakan state penghasil dairy product terbesar, jadi bisa dibayangkan bahwa sebagian besar state ini adalah farm, sungai dan bukit J
Selama hampir satu tahun, ada keluhan, ada pujian, ada tawa, ada tangis, ada cinta, ada kebencian, atau singkatknya ada suka dan ada duka.  Satu tahun menjalani hidup bersama dengan semua teman2 dari Negara yang berbeda, tinggal dalam 1 dorm yang sama, mengejar bus bersama, makan bersama, or even we missed the bus together. Hal itu tentunya akan membuat kenangan manis yang akan lebih indah diingat ketika kita tidak mengalaminya lagi.
Pada akhirnya, satu minggu dari sekarang, kita akan berpisah karena keadaan dan peraturan, dimana kita harus pulang ke Negara masing-masing, dan kembali menata hidup yang sebenarnya. Hal ini tentunya cukup berat dimana teman2 berasal dari berbagai Negara  yang berbeda, mereka berasal dari Guatemala, Brazil, Elsavador, Nicaragua, India, dan teman2 dari program lain yang mayoritas berasal dari central America. Kita tidak akan pernah tau kapan kita akan pernah bertemu lagi.
Dari pengalaman selama 1 tahun ini, pelajaran yang bisa diambil adalah, bahwa semua manusia itu sama, dari manapun mereka berasal,  dan alangkah indahnya jika kita dapat hidup tanpa membedakan ras, Negara ataupun agama. Karena sekali lagi setiap manusia itu sama, dan perbedaan harusnya membawa kekuatan!

No comments:

Post a Comment